25 Januari 2008

YouTube Rambah Pengguna HP



SAN FRANCISCO - Setelah sukses mendominasi dunia maya dengan website video online, YouTube kini dapat diakses via telepon seluler alias handphone.

Dengan koneksi internet via teknologi 3G, WiMAX, GPRS, dan sejenisnya, YouTube sudah dapat dinikmati dimanapun dan oleh siapapun yang mempunyai telepon seluler mulai Kamis (24/1/2008) ini.

Pengguna YouTube terlihat berbondong-bondong untuk mengupgrade telepon seluler mereka dengan teknologi generasi terbaru agar dapat menikmati lebih dari 10 juta video YouTube. YouTube memang sudah bisa diakses via telepon genggam sejak 2006, namun, hanya beberapa ribu video yang dapat dinikmati, tidak semuanya.

YouTube mengestimasi lebih dari 100 juta alat telekomunikasi yang akan mengakses layanan baru ini. Telepon seluler setidak-tidaknya harus mempunyai kemampuan streaming dan operator 3G.

Dengan layanan ini, YouTube memudahkan pengguna handphone untuk mengupload video mereka langsung, tanpa harus mentransfer data ke PC atau notebook. Dengan menginstall aplikasi "YouTube for Mobile" para pengguna hp dapat menikmati semua layanan mobile video YouTube, termasuk pengguna Sony Ericsson dan Nokia.

"YouTube tidak berencana mencetak uang lebih besar dengan layanan mobile service ini, itu bukan prioritas," ujar Product Manager YouTube Hunter Walk, yang dirilis AP, Kamis (24/1/2008). "Kami hanya ingin pelanggan video kami terbiasa untuk mengaksesnya via telepon genggam. Ini juga merupakan strategi kami agar pelanggan dapat sering melihat iklan," imbuhnya.

Kini, YouTube Mobil Service dapat diakses melalui http://m.youtube.com. Layanan ini ditawarkan ke 16 negara selain Amerika, dan juga dapat diakses dengan layanan 11 bahasa, yaitu Enggris, Jepang, Italia, Prancis, Spanyol, Belanda, Polandia, Portugal, China, Jerman, dan Rusia. (mbs)

Sumber : Okezone

Tidak ada komentar: