27 Desember 2007

Mengoptimalkan Fitur Pengaman Ponsel

Oleh Hairuddin

Ada cara baru melacak keberadaan ponsel yang, mungkin, telah dicuri. Kita tak perlu menyuntikan aplikasi anti maling buatan pihak ketiga, yang biasanya diperuntukan bagi ponsel bersistem operasi.

Cukup dengan memanfaatkan fitur 'security' yang kini banyak ditanamkan ke ponsel oleh pabrikannya.

Contohnya Samsung, fitur pengaman yang biasa disebut 'Mobile Tracker' ini telah jadi fitur standar ponsel keluarannya, baik kelas pemula maupun High-end. Dibeberapa ponsel lain, sistem sekuritas ini pun mulai disertakan, hanya namanya saja yang berbeda.

Kemampuan fitur ini pun tak kalah dengan aplikasi-aplikasi yang beredar di pasaran. Bahkan dibeberapa tipe ponsel, dengan mereplay kode khusus via SMS, ponsel yang hilang akan mati secara otomatis.

Samsung

Aktivasi Mobile Tracker-nya sebagai berikut :

Langkah 1
Masuk ke menu pengaturan > Security > Mobile Tracker

Langkah 2
Biasanya, Anda diminta mengisikan password standar untuk masuk ke menu pengamanan ini. Sebagai contoh '0000' atau '1234'.

Langkah 3
Di Langkah ini, Anda akan mendapat empat buah menu: Activation, Recipients, Sender dan Message. Untuk menjalankan aplikasi Mobile tracker, pilih 'ON' di menu activation.

Langkah 4
Di menu 'recipients', isikan nomor telepon yang Anda pilih untuk mendapatkan pesan emergency. Di menu 'Sender', Anda bisa menuliskan nama atau apa saja.

Langkah 5
Setelah selesai, klik 'Save' untuk menyimpan pengaturan tadi. Jika ponsel ini hilang dan dimasukan kartu SIM lain, si 'Recipients' akan menerima notifikasi berupa pesan SMS dari nomor baru tersebut.

Hi-Tech H38

Pengaturan anti matingnya:

Langkah 1
Klik Menu Pengaturan > Pilih Pengaturan keamanan > Kontrol Jarak Jauh
Masukkan Password : 1122
Items : Hidupkan / Aktifkan semua menu yang ada di menu Items
Atur Pin Kontrol : isikan dengan 4 angka, contoh : 1234

Langkah 2
Pilih Menu 'Telusuri Anti Pencurian'. Masukan password yang barusan Anda buat. Hidupkan/Aktifkan statusnya, selanjutnya Isi Nomor telepon yang akan di beri informasi jika terjadi kehilangan.

Langkah 3
Jika terjadi kehilangan dan simcard yang terpasang diganti, maka pada nomor telepon yang didaftarkan akan terima 2 buah pesan sebagai berikut :

- Pesan 1 : " Sistem penjajakan Anti Curian mendapati
nomor, silakan kirim kode RMCTRL88+Contro/Word+Control untuk membuat kendali remote".

- Pesan 2 : " Ctrtwd = anda atur,CtrlCd = poweroff, repeat poweroff,delete phonebook, delete callhistory, delete messages, format storages, retrieve phonebook".

Langkah 4
Untuk melakukan kontrol terhadap handphone yang hilang kirim balasan sebagai berikut :

RMCTRL88pinkontrolkendalian remote, contoh : Ketik RMCTRL881234poweroff, ponsel yang hilang akan mati sendiri. Jika kontrol yang dikirim berhasil maka akan terima balasan sms Mematikan Operasi Berhasil

LG

Cara mengoperasikannya:

Langkah 1
Pilih menu 'Tools' > Lost mobile track

Langkah 2
Anda diminta untuk melakukan pengaturan 'Change settings?' > Yes. Masukan kode LMT (Lost Mobile Tracker', biasanya dengan kode standar '0000' atau '1234'.

Langkah 3
Pilih 'Set LMT' untuk melakukan aktivasi, pilih 'ON' > OK.

Langkah 4
Untuk menentukan si penerima pesan darurat, pilih 'Number for LMT'. Isikan nama dan nomor telepon.

Langkah 5
Klik 'Save' untuk menyimpan pengaturan dan sekaligus mengaktifkan fiture pemantau ponsel.

K-Touch

Pengaturan Theft Treck-nya:

Langkah 1
Klik Menu Business Zone > Remote Control, jika diminta password masukan 1122 atau kode standar lain > Remote Controled Function, beri tanda centang di semua pilihan yang ada > Done > Save > Yes. Di 'Number', pilih 'Any Number'.

Langkah 2
Pilih Menu 'Theft Track'. Isikan password lebih dahulu, kemudian masukkan Nomor telepon yang akan di beri informasi jika terjadi kehilangan.

Langkah 3
Hidupkan/Aktifkan statusnya di menu 'State' > On.

Langkah 4
Jika terjadi kehilangan dan simcard yang terpasang diganti, maka pada nomor telepon yang didaftarkan akan menerima SMS

Langkah 5
Untuk melakukan kontrot terhadap handphone yang hilang kirim balasan sebagai berikut :
TYRCpinkontrotkendalian remote, contoh : ketik TYRC123456POFF, ponsel yang hilang akan mati sendiri. Jika kontrol yang dikirim berhasil maka akan terima balasan sms : Mematikan Operasi Berhasil.

Selamat Mencoba …

Dari : Dwi Mingguan Pulsa

Tidak ada komentar: