22 November 2007

Tune up Kinerja Ponsel Java

Oleh : D Iskandar

Layaknya kendaraan bermotor, ponsel pun bisa di 'tune up' agar kinerjanya lebih baik. Paling tidak, agar tidak 'lemot' lantaran terlalu banyak aplikasi yang tersimpan di dalamnya. Caranya dengan mengatur kerja RAM (Random Access Memory). Jurus ini pun bisa jadi pamungkas agar ponsel tidak mudah hang.

Aplikasi sejenis tune up ponsel ini banyak disediakan pengembang. Terutama untuk ponsel-ponsel bersistem operasi terbuka. Kini, untuk ponsel-ponsel berbasis Java pun sudah tersedia.

Adalah MemoryUp, aplikasi berbasis java dengan kemampuhan meningkatkan kinerja RAM. Meski aplikasi ini dipersembahkan bagi ponsel-pintar, namun karena berbasis Java, tetap bisa digunakan untuk ponsel Java enable.

Aplikasi ini dapat menganalisa dan membuat cadangan RAM hingga 50 persen. Selebihnya mampu memonitor sistem ponsel dan membebaskan sumber jika diperlukan.

Cara penggunaan :

Langkah 1
Download dan install aplikasi MemoryUp. Anda bisa dapatkan di www.getjar.com. Atau masuk situs WAP nya, http://wap.getjar.com, pilih quick download dan masukkan kode 19107. pada contoh ini digunakan Nokia 6630.

Langkah 2
Aktifkan aplikasi dan pada saat itu juga aplikasi akan memonitoring sistem ponsel. Ada tiga informasi status bar pada layar, yaitu : Total memory, Free Memory, Used Memory. Informasi ini merupakan kapasitas memory RAM untuk Java Virtual Machine.

Langkah 3
Untuk mulai boosting (menggenjot) RAM, tekan 'Option' lalu pilih 'Quick Boost'. Proses boosting akan melalui beberapa tahap diantaranya, defragging, re-allocating RAM dan recovering RAM.

Langkah 4
Jika ingin mengatur cara kerja MemoryUp, pilih menu 'Setting'. Ada dua pilihan pengaturan, 'Basic Setting' dan 'Advance Setting'. Bila anda menginginkan pengaturan standar pilih Basic Setting, namun jika anda menginginkan pengaturan tingkat lanjut, misalnya salah satunya untuk mendukung system dengan kapasitas cache yang lebih besar, pilih 'Advance Setting'.

Berikutnya di menu 'System Info' anda dapat mengetahui semua yang berkaitan dengan sistem ponsel anda, seperti versi software, versi Java dan kapasitas RAM untuk mesin virtual Java-nya (Java Virtual Machine). Untuk informasi yang berkaitan dengan waktu pemulihan (recover) akan tercapat di menu 'Log'.

Selain itu di Nokia 6630, aplikasi ini juga di coba pad Nokia 6265 (CDMA). Dan untuk ponsel-ponsel yang lain, seperti Motorola, Samsung, Soni Ericsson dan lain-lainnya yang mendukung Java MIDP 2.0 sangat terbuka untuk menggunakan MemoryUp.

Sebagai saran, penggunaan MemoryUp ini jangan terlalu sering sebisa mungkin hanya digunakan jika kondisi ponsel sudah mulai terasa berat atau sehabis ponsel banyak melakukan aktivitas, semisal bermain game, memainkan musik, atau membuka aplikasi.

Sumber : Dwi Mingguan Pulsa

Tidak ada komentar: